belajar karya ilmiah…

Welcome to My Faithful

Contoh Abstrak Karya Tulis

on 21 May 2009

Salah satu bagian terpenting dari Karya Tulis adalah penulisan Abstrak, karena abstrak merupakan halaman pertama yang akan dibaca dan sebagai tingkat pengukuran hasil yang terdapat dalam Karya Tulis. Berikut merupakan salah satu contoh abstrak Karya Tulis:

ABSTRAK

Penelitian Deskriptif Mengenai Psikologi Sosial Masyarakat Kudus Terhadap Fatwa Rokok MUI
Oleh : Ikha Setya Aminati

Penelitian tentang “Dampak Fatwa Rokok Bagi Psikologi Sosial Masyarakat Kudus” bertujuan untuk memberi manfaat psikologi sosial masyarakat Kudus dalam permasalahan fatwa rokok.
Penelitian ini dilakukan dengan cara pembagian angket kepada masyarakat yang mempunyai rutinitas merokok serta studi pustaka. Sejumlah 54 angket yang kembali diperoleh hasil bahwa alasan merokok terbanyak adalah merokok untuk menghilangkan lelah yang ditunjukkan dengan presentase 33,33%.
Sedangkan responden yang merokok mengetahui bahwa rokok tersebut berbahaya bagi kesehatan tubuh adalah sebanyak 88,89%. Namun, dalam kenyataannya mereka tetap merokok untuk alasan-alasan yang tercantum pada tabel 1, ini terbukti bahwa perokok menerapkan teori pertentangan sebagai salah satu upaya untuk melakukan aktifitas merokok.
Tetapi, tidak selamanya teori pertentangan berlaku pada 54 orang responden. Hal itu terbukti dengan adanya kesadaran untuk berhenti merokok yang terdapat dalam tabel 2 sebanyak 66,67%.
Berdasarkan kenyataan yang diperoleh dari hasil tersebut, maka psikologi sosial bermanfaat dalam permasalahan fatwa rokok, berupa adanya kesadaran masyarakat untuk berhenti merokok. Sedangkan dampak fatwa rokok pada psikologi sosial masyarakat Kudus, berupa adanya penolakan terhadap fatwa rokok MUI. Kemudian bentuk dari psikologi sosial rokok dalam masyarakat adalah adanya teori pertentangan yang secara langsung dilakukan masyarakat sebagai upaya untuk melakukan aktivitas merokok.

About these ads

62 responses to “Contoh Abstrak Karya Tulis

  1. angel says:

    contoh abstraksi yang berjudul “hubungan antara harga diri dengan kcenderungan berbohong”,, tlg bwt cntohna ya?? makasi

  2. Konan03 says:

    makasih banyak contohnya… saia bisa ngerjain tugas neh n.n

  3. arifjbg says:

    Info yang bagus, berguna bagi saya yg dpt tugas PPI.

  4. dyah says:

    tolong kasih contoh abstrak buat saya yg judulnya “gudeg jogja” makasih :)

  5. riosiska says:

    tlg kirimkan contoh karya ilmiah qm blh ngak?

    • firstfaithful says:

      ya saya usahakan…… untuk format penulisan kyaknya semuanya hampir sama….
      halaman judul, daftar isi, daftar tabel, dartar gambar, abstraksi, BAB 1 Pendahuluan, BAB 2 Tinjauan Pustaka, BAB 3 Metodologi, BAB 4 Pembahasan, BAB 5 Simpulan dan Saran, BAB 6 Daftar Pustaka.
      Kalo buat makalah tu beda lagi…..

  6. yusuf says:

    Terimakasih, saya dan arif jbg sangat membutuhkan informasi dari Blog anda untuk tugas PPI saya

  7. Zulkifli Muhtar says:

    bisa jadi referensi nih ;)
    thx udah mau berbagi

  8. hannichan says:

    tolong dong gimana kalo abstrak buat judul “sistem operasi komputer”?

    • firstfaithful says:

      abstrak tu terdiri dari tiap bagian di suatu karya tulis jadi ringkes aja dari pendahuluan, tujuan, manfaat, isi, sampe saran dan kesimpulan jadi 200 kata ^^ semangat ya,,, maaf gak bisa bantu banyak

  9. abdullah says:

    kk minta bantuannya..
    pengertian abstrak dalam karya lmiah tu gimana sih..?
    makash sebelumnya..

  10. sep…..thanks …bermanfaat bnget….btw bis kirimin contoh proposal gk ? ni email ak albartos_qrent@yahoo.co.id

  11. KJS says:

    wah…..
    membantu banget nih…

    Gw gak ngerti apa itu abstrak, pas liat nih page jadi ngerti….

    NICE INFO…

  12. icha says:

    kak, tolong donk bantu saya buat abstrak karya tulis..

  13. Adam Liung says:

    Terimakasih informasi dari anda sangat berguna bagi saya

  14. Grays says:

    makasii… contoh abstrak’a sangat bermanfaat ^^

  15. umma says:

    contoh abstraksi yang judulnya budaya membaca di era globalisasi
    kayak gimana ya. mohon bantuannya sangaattt :3

  16. you-know-who says:

    mohon bantuannya :—-) contoh abstrak untuk karya tulis yang berjudul “pengaruh musik korea selatan terhadap gaya hidup remaja di lingkungan SMA” gimana ya ?
    kirim ke email saya aja ndanimals@yahoo.com
    Terima Kasih.

  17. City Of Tree says:

    BAGOOES!!!
    dapet refrensi menulis abstraksi.

  18. City Of Tree says:

    Seep!
    jd pny gambaran apa itu abstraksi

  19. Adhi Kustanto says:

    kalo misalkan KTI nya tentang ” daun-daun herbal untuk obat tradisional ” itu halaman abstraknya kaya gimana ? thanks
    ditunggu ya jawabannya :D

  20. destro says:

    Terimakasih ya….!!!
    membantu sekali infonya….!!!

  21. taufiq says:

    makasih sharingnya

  22. Naufal Nafian says:

    bantuuuin dooong -_- , kirimin abstrak yang judulnya “dampak terlalu banyak bercanda terhadap prestasi siswa ” buat tugas KTI SMA nih pusiiing , ini email saya naufalnafiann@yahoo.co.id

  23. mhyeta says:

    emm tanks yow abstraknya……. akhirnya tgasku bisa slesai

  24. terima kasih banyak kaka, blog nya amat berguna buat tugas akhir saya

  25. muhaimin says:

    thanks ilmunya

  26. trima kasih, sangat berguna untuk makul saya

  27. faruq says:

    nice to read..
    it’s so curiously ^^,

  28. adit_tian says:

    sebenarnya apasih yang mesti dimuat dalam abstrak itu.? tlg penjelasannya.

    • firstfaithful says:

      makasih adit atas pertanyaannya…
      sebenarnya abstrak itu adalah ringkasan dari semua bagian yang ada dalam suatu makalah ataupun karya ilmiah,,,, bedanya abstrak dengan ringkasan, abtrak hanya dibatasi dalam 200 kata dan harus punya kata kunci ^_^
      semoga bisa membatu

  29. fiira says:

    makasih, cukup membantu buat ngerjain tugas kir…. :)

  30. indi says:

    tolong buatin abtraksi karya tulis tentang muslimah dan mode dong :D
    soalnya belum terlalu ngerti tentang abtraksi. yaya

  31. NateShidqi says:

    sbnrnya abstraksi itu apa sih sist

  32. angga 97 says:

    abstrak itu harus 200 kata?

  33. Ubaid says:

    karya ini menjadi referens buat aku yg dpt tugas KTI Perpus..thanks.. mg dpt pahala melimpah cz berbagi ilmu

  34. DARTA says:

    mba, saya bisa dikirimkankan kerangka pembuatan karya tulis nda!!
    tolong yach mba, email saya:
    dartaalimubaraq@yahoo.co.id

  35. y45c00 says:

    saya sedang belajar membuat karya ilmiah, bisa bantu koreksi ga?

  36. Admin Noel says:

    Huwaaa…
    Danke terima kasih banyak atas infonya.
    Jadi saran sama kesimpulan juga termasuk u.u

  37. Admin Noel says:

    Ano… cara menentukan kata kunci itu bagaimana?

  38. Rahmat says:

    terima kasih atas postednya!

  39. Akikazu Akira says:

    Wakkata, Domo Arigatou Gozaimasu :)

  40. cc says:

    sist bsa bntu gk, buatin abstrak tentang bahaya narkoba bagi kesehatan remaja,,
    msih bingung sist gmn abstrak itu,,
    sbb thanks iya sist.

  41. nadya says:

    kurang kata kunci nih gan

    • firstfaithful says:

      iya harusnya ada kata kunci nya… ^_^ maap lupa masukin.. nnt saya tambahkan kata kuncinya.. sebelumnya makasih ya nadya.. ^_^

  42. hesti says:

    kalau bwt makalah tu yang ada itu apa z ya cz saya msh bingung, dan tlg bantuanya ya mbak.

  43. nadyo says:

    terima kasih! sangat membantu, saya juga sedang mengerjakan karya tulis ilmiah >_< doakan saya berhasil ya!

  44. Thanks ya, sangat membantu sekali :D

  45. Puspa says:

    contoh abstraksi yang berjudul “Kunjungan ke Candi borobudur”
    untuk smp .. tolong buat contohnya ya ?! terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.